Selasa, 30 Oktober 2018

Filologi ( Hadist DAKA )



HADIST DAKA
W 307
1.      Rresensi  Singkat  Naskah Hadist Daka
Hadis Daka secara singkat bahwa di dalam nya mengandung sebuah Hikayat (Cerita ) yang bisa di buat Tembangan yang di sampaikan oleh Ki Tardi menerangkan pesan wejangan tentang ketauhidan kepada pangeran ( Allah) berasal dari para Ulama kintu ( Masyhur).
            Di dalam nya tak sedikit bahkan  banyak perumpamaan dan amaliah ketauhidan sesuai kehidupan seharri-hari dan lain-lain.namun pada intinya mnuskrip yang berjudul Hadist Daka ini secara global mengandung ilmu iman Tauhid dan Marrifat.

2.      Bentuk Fisik Naskah
-          Asli manuskrip yang ada di PNRI sampul nya Berwarna Coklat kekayuan.
-          Menggunakan Kertas Eropa
-          Kertas Tipis
-          Tulisan Tembus atas dan bawah
-          Wattermax berbentuk Garis Rata-rata Tujuh garis di setiap lembar nya.
-          Wattermax titik=titik tidak ada

3.      Identitas Naskah
-          Nomer Punggung W 307
-          Bahasa Jawa
-          Bertulisan Pegon
-          34 Halaman

4.      Katlogisasi
Dalam Pengkatalogan pencarianya dari koleksi Perpustakaan Nasional ( PNRI ) di Jl.Salemba raya Jakarta Pusat karrna waktu yang terbatas belum bisa menemukan Banyak sumber bacaan yang berkaitan dengan Naskah Hadist Daka ini, Namun saya sempet baca beberapa buku katalog di bawah ini :

-          DIEKTORI NASKAH NUSANTAA ; Analogi Sastra Daerah Indonesia
Penyunting, Edi .S Eka djati, Asep Yusuf SH, Mamat Rahmat
Cet ke I- Jakata Yayasan Obo Indonesia 1999
X+ 592 Hlm : 21 CM

-          KATALOG INDUK NASKAH NUSANTARA
Jilid 4
Peyunting T.E Behrend
-          KATALOG INDUK NASIONAL NUSANTARA
Jilid I
Museum Sonobudoyo Yogyakarta
Penyunting T,E Behrend

-          Dafta Naskah-Naskah Perpustakaan Nasional RI
A,AS,BR,CS,KBG,G,H,LBQ,M,ML,NB,SD,VT,W,ZPG.



5.      Penulisan

Bismilallahirohmanirohim
Tangled funika ki tardi iki anggone tembang
suku daka ceritane owleh ulama kintu
ambeberaken ing ujar fitutur kang luhur.
Kang lees lan dalil Quran lan amini amuji
ana buahe maning lama kang murah ing dunia lan raga ingkang ahirat
kang finuji tanfalat kang akeh ilmune iku
nabi muhamad amfurane kang aweh iku jalur ceritane
saking kitab daka asline den sampe ampuraha
selebihe kang ambaca den weruh tegukun
ceritane leluhur daka lamon anambang amuji
fuji katuring bapa yen katuring feferane
mafan ora ana rrufa lamon ora katuru tamfakane lamfahipun
afu aja amujiya lamon ngayyeakaen fuji
maring allah semata mafan dudu fefada
iki allah kang amubah kang miyang ing kiro
den wioh kawitane nipun kang anembang kang binafad
fujinana kang duweni lan fuju fujine allah kula ora duduwe
lowleh ora kawake miweh fanggonene niro
lawan badane lakuju anging allah kang akaraya
fundi kang arane amuji tegese fuji findo fan takruhan baca atine
kang timbang kula tegese kamuahan
ya urif tegesenipun fan urif urif bafa
lamon urrif ing yang widi kelawan nyawa funika tegese nyawa samangko
kang tumimbang ing kula ing aran kanugrahan tegese nyawa funiko
ya uife menusa fundi tegese nghurrip
wong enom anggawaruhana becik ing terimane
angel jenenge agung saking uif iku kang titifan katelu
Iman tauhid lan marifat.
Tenggang iman lan tauhid kang iman gofeki ngetohaken pangeran
Ajumakud ingkang lae loro kang amine tenane rong tetelu

Allah ingkang tunggal fundi kang aran tauhid
Mafan tunggal baca iya fengleburan ing loo loone
Ing gusti lawan kula yen atunggal kaya apa
Yen beda beda nifun ora tunggal ora apa
Selama owra ngaweruhi tegese tauhid findo
Tunggal lawan kelawan ne mafan kula nana rufa jenenge kula
Sejene jatine owrrang tanfa felantara
Katuring sambad lan fuji lan keturing deweke
Date wajib wujud baca tine ingkang ana iya kang nembe amuji
1.      Alih Aksara
Bismilallahirohmanirohim
Tangled funika ki tardi iki anggone tembang
suku daka ceritane owleh ulama kintu
ambeberaken ing ujar fitutur kang luhur.
Kang lees lan dalil Quran lan amini amuji
ana buahe maning lama kang murah ing dunia lan raga ingkang ahirat
kang finuji tanfalat kang akeh ilmune iku
nabi muhamad amfurane kang aweh iku jalur ceritane
saking kitab daka asline den sampe ampuraha
selebihe kang ambaca den weruh tegukun
ceritane leluhur daka lamon anambang amuji
fuji katuring bapa yen katuring feferane
mafan ora ana rrufa lamon ora katuru tamfakane lamfahipun
afu aja amujiya lamon ngayyeakaen fuji
maring allah semata mafan dudu fefada
iki allah kang amubah kang miyang ing kiro
den wioh kawitane nipun kang anembang kang binafad
fujinana kang duweni lan fuju fujine allah kula ora duduwe

lowleh ora kawake miweh fanggonene niro
lawan badane lakuju anging allah kang akaraya
fundi kang arane amuji tegese fuji findo fan takruhan baca atine
kang timbang kula tegese kamuahan
ya urif tegesenipun fan urif urif bafa
lamon urrif ing yang widi kelawan nyawa funika tegese nyawa samangko
kang tumimbang ing kula ing aran kanugrahan tegese nyawa funiko
ya uife menusa fundi tegese nghurrip
wong enom anggawaruhana becik ing terimane
angel jenenge agung saking uif iku kang titifan katelu
Iman tauhid lan marifat.
Tenggang iman lan tauhid kang iman gofeki ngetohaken pangeran
Ajumakud ingkang lae loro kang amine tenane rong tetelu
Allah ingkang tunggal fundi kang aran tauhid
Mafan tunggal baca iya fengleburan ing loo loone
Ing gusti lawan kula yen atunggal kaya apa
Yen beda beda nifun ora tunggal ora apa
Selama owra ngaweruhi tegese tauhid findo
Tunggal lawan kelawan ne mafan kula nana rufa jenenge kula
Sejene jatine owrrang tanfa felantara
Katuring sambad lan fuji lan keturing deweke
Date wajib wujud baca tine ingkang ana iya kang nembe amuji

Dening kang maha suci kula jeneng naïf
Licerman ferlanifun karohinan
Kalnang langgengf rawi lintang ilang kasrawat
Dening surya wong kang tumeka ing shiolat
Tunggal qosdu tarud tasin iya allah kang luwih ampun
Anggawaruhana ing budi lawan ati kang wening
Tegesde mengko funiko pan arep ngawruhana
Qosdu loro ta’yin fertanan ne lafad allah
Khuruf alif nerangna wiwitan alif funika
Mafan khakekete niyat
Lam alif lauro ahir nerangna niyat kang linggih
Niyat iku tiba nibg hu allah jumeneng dzate
tiba ningf niyat lelakone
Lafadz akkbar iku lebure ning niyat
Jenenge niyatanana fing lemburan ferkaraee
Tatananana kunti kula yen tegese kula ganti
Mafan derteng utami firyen lelamfah kula
Roro dadi satunggal tunggal dadi kekal
Noro naïf kulalawan Bandar
Ing fengawal ing kaula ferang ing sanghiyang widi



2.      Terjemah

Ada yang bertanya ki tardi namanya
Ini tempatnya (kumpulan) nyanyian
Lunggug DAKA Ceritane
Oleh ulama yang terkenal
Yang menerangkan pitutur yang luhur
Di ambil dari al_quran
‘banyak orang yangf memuji
Dari berbagai ulama yang mengajarkan
Dunia dan ahirat
Yang dinamakan alam itu
Yang di bawa nabi muhamad pertolongannya
Itu yang mengwali adanya cerita
Dari daka asalnya
Cerintanya lungguh daka
Menerangkan nyanyian dan pujian
Puji kepada orang tua
Pastinya kepada tuhanya
Berdiri tanpa rupa tak terlihat rupanya dan perbutanya
Jangan memuji allah kalau tidak bisa memuji
Kaya bukan tandinganya allah lebih kaya
Segala puji siapa yang punya
Segala puji hanya milik allah
Saya tidak mempunyai segala puji
Seandainya hidup karna sanghiyang widi dan nyawanya
Sejatinya iyu kosong
Orang muda perlu di ketahui
Sesungguhnya hidup itu mempunyai tiga titipan
Iman tauhid dan marifat
Sesungguhnya iman dan tauhid
Itu mempercayai pangeranya (Tuhan)
Allah itu maha esa itu inti tauhid
Bintang hilang karna sinar surya
Sama dengan orang yang tumbang dalam sholat
Tunggal di sengaja karna keyakinan
Ketahuilah luhurnya budi pekerti
Perhstiksn peranya p[ohon lafadz ALLAH
Keteranganya pohon pada huruf alif
mantep terhadap niat
Hurup lam tidak ada awal dan ahir
Huruf Ha niat itu sangat tinggi karna karana berdiam dalam dzat




3.      Klasifikasi

Hadis Daka secara singkat bahwa di dalam nya mengandung sebuah Hikayat (Cerita ) yang bisa di buat Tembangan yang di sampaikan oleh Ki Tardi menerangkan pesan wejangan tentang ketauhidan kepada pangeran ( Allah) berasal dari para Ulama kintu ( Masyhur).
Di dalam nya tak sedikit bahkan  banyak perumpamaan dan amaliah ketauhidan sesuai kehidupan seharri-hari dan lain-lain.namun pada intinya mnuskrip yang berjudul Hadist Daka ini secara global mengandung ilmu iman Tauhid dan Marrifat
Namun pada kolom klasifikasi ini penulis mengambil hanya beberapa paragraph dari sekian banyak halaman dari manuskrip iniyang berkenaan dengan mana lafadz ALLAH.

‘’Qosdu loro ta’yin feranan ne lafad allah
Khuruf alif nerangna wiwitan alif funika
Mafan khakekete niyat
Lam alif lauro ahir nerangna niyat kang linggih
Niyat iku tiba nibg hu allah jumeneng dzate
tiba ningf niyat lelakone ‘’

Tulisan di atas merupakan alih bahasa asli dari manuskrip kuno tersebut terkait peranan dan konsepsi terhadap lafadz ALLAH. Yang bisa kita ambil inti poinyasebagai berikut
-          Huruf ‘’Alif ‘’ memp[unyai ma’na Mantapnya Niat
-          Huruf ‘’Lam’’ Mempunyai arti allah tidak ada awal dan ahir
-          Huruf ‘’Ha’’ Gabungan dari ma’na alif dan lam yani berdiam dalam Dzaat.
Bisa di ambil kesimpulan dari klasifikasi di atas yang bersumber dari manuskrip yang berjudul Haist Daka secara keseluruhan menerangkan tentang Tauhid salah satunya tentang Pohon mana lafadz ALLAH .

Lafdz Allah  bahwasanya mempunyai arti dari huruf Alif Lam dan Ha’ yaitu memantapkan Niat ( Meyakinkan) bahwasanya allah itu tidak ada awal dan sifat itu sesengguhya ada pada dzatnya.

4.       Kontekstualisasi
Kontekstualisasi peradaban di zaman sekarang di mana ada relasinya dengan lafadz Allah yang mengandung nilai seni dan budaya di hasilkan dari akulturasi budaya maka saya mengambil materi tentang Kubah( Memolo) yang di pasang di atas masjid orang islam melalui kacamata teori Simiontika.

Kata “semiotika” berasal dari bahasa Yunani “semeion” yang berarti “tanda”, atau “seme” yang berarti “penafsiran tanda” (Alex Sobur, 2004:17). Awal mula munculnya semiotika yang berakar pada studi klasik dan skolastik atas seni, logika dan poetika, tanda pada masa itu masih bersifat sesuatu yang menunjukan pada adanya hal yang lain. Contoh: Ada asap menandai adanya api.

Menurut kamus besar Bahasa Indonesia(KBBI) Kubahmempunyai arti lengkung (atap);  atap yg melengkung merupakan setengah bulatan (kupel): -- masjid. Jadi dapat di tarik kesimpulan kubah berarti benda berbentuk lengkung yang berada di atap.
Kubah (Memolo) jika di pandang melalui teori simiontik bahwasanya kubah merupakan syimbol bagi umat islam yang meyakini tuhan yang maha esa yaitu Allah, syimbol ini di pakai umat islam dengan memasang di tempat ibadahnya yang di sebut Masjid, ada lafadz allah berarti ada umat islam ( Ada asap berarti ada api)
Menurut sejarah Kubah Masjid itu termasuk "Islam Peradaban". Itu adalah salah satu hasil akulturasi masyarakat Muslim (dengan nilai-nilai Islam yang mereka anut) dengan budaya lain. Pada masa Rasulullah saw. kubah belum dikenal. Mesjid-mesjid dibangun tanpa kubah. Tradisi penggunaan Bangunan Kubah Masjid baru dikenal setelah masa Umar bin Khattab ra. yang membangun qubbat ash-shakhrah (Kubah Batu) di Palestina. Budaya membangun Kubah Masjid kemudian menemukan momentum untuk berkembang dan meluas ke seluruh belahan dunia Islam ketika Turki Usmani berkuasa dan menjadi imperium besar.;
Mithos Kubah Masjid Kesepuhan Cirebon
Masjid Agung Sang Cipta Rasa terletak di sebelah utara Keraton Kasepuhan. Masjid ini terdiri dari dua ruangan, yaitu beranda dan ruangan utama. Untuk menuju ruangan utama, terdapat sembilan pintu, yang melambangkan Wali Songo. Masyarakat Cirebon tempo dulu terdiri dari berbagai etnik. Hal ini dapat dilihat pada arsitektur Masjid Agung Sang Cipta Rasa yang memadukan gaya Demak, Majapahit, dan Cirebon.


Kekhasan masjid ini terletak pada atapnya yang tidak memiliki memolo berupa kubah, sebagaimana yang lazim ditemui pada atap masjid-masjid di Pulau Jawa. Konon, dahulunya masjid ini berkubah. Namun, saat azan pitu (tujuh) shalat Subuh digelar untuk mengusir Aji Menjangan Wulung, kubah tersebut pindah ke Masjid Agung Banten yang sampai sekarang masih memiliki dua kubah. Karena cerita tersebut, sampai sekarang setiap shalat Jumat di Masjid Agung Sang Cipta Rasa digelar Azan Pitu. Yakni, azan yang dilakukan secara bersamaan oleh tujuh orang muazin berseragam serba putih.

Pada bagian mihrab masjid, terdapat ukiran berbentuk bunga teratai yang dibuat oleh Sunan Kalijaga. Selain itu, di bagian mihrab juga terdapat tiga buah ubin bertanda khusus yang melambangkan tiga ajaran pokok agama, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan. Konon, ubin tersebut dipasang oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga pada awal berdirinya masjid.

Di beranda samping kanan (utara) masjid, terdapat sumur zam-zam atau Banyu Cis Sang Cipta Rasa yang ramai dikunjungi orang, terutama pada bulan Ramadhan. Selain diyakini berkhasiat untuk mengobati berbagai penyakit, sumur yang terdiri dari dua kolam ini juga dapat digunakan untuk menguji kejujuran seseorang.

5.      Tambahan

6.      Bentuk Fisik Naskah
-          Asli manuskrip yang ada di PNRI sampul nya Berwarna Coklat kekayuan.
-          Menggunakan Kertas Eropa
-          Kertas Tipis
-          Tulisan Tembus atas dan bawah
-          Wattermax berbentuk Garis Rata-rata Tujuh garis di setiap lembar nya.
-          Wattermax titik=titik tidak ada

7.      Identitas Naskah
-          Nomer Punggung W 307
-          Bahasa Jawa
-          Bertulisan Pegon
-          34 Halaman






0 komentar:

Posting Komentar