HADIST DAKA
W 307
1.
Rresensi
Singkat Naskah Hadist Daka
Hadis Daka secara singkat bahwa
di dalam nya mengandung sebuah Hikayat (Cerita ) yang bisa di buat Tembangan
yang di sampaikan oleh Ki Tardi menerangkan pesan wejangan tentang ketauhidan
kepada pangeran ( Allah) berasal dari para Ulama kintu ( Masyhur).
Di
dalam nya tak sedikit bahkan banyak
perumpamaan dan amaliah ketauhidan sesuai kehidupan seharri-hari dan
lain-lain.namun pada intinya mnuskrip yang berjudul Hadist Daka ini secara
global mengandung ilmu iman Tauhid dan Marrifat.
2.
Bentuk
Fisik Naskah
-
Asli
manuskrip yang ada di PNRI sampul nya Berwarna Coklat kekayuan.
-
Menggunakan
Kertas Eropa
-
Kertas
Tipis
-
Tulisan
Tembus atas dan bawah
-
Wattermax
berbentuk Garis Rata-rata Tujuh garis di setiap lembar nya.
-
Wattermax
titik=titik tidak ada
3.
Identitas
Naskah
-
Nomer
Punggung W 307
-
Bahasa
Jawa
-
Bertulisan
Pegon
-
34
Halaman
4.
Katlogisasi
Dalam Pengkatalogan
pencarianya dari koleksi Perpustakaan Nasional ( PNRI ) di Jl.Salemba raya
Jakarta Pusat karrna waktu yang terbatas belum bisa menemukan Banyak sumber
bacaan yang berkaitan dengan Naskah Hadist Daka ini, Namun saya sempet baca
beberapa buku katalog di bawah ini :
-
DIEKTORI
NASKAH NUSANTAA ; Analogi Sastra Daerah Indonesia
Penyunting,
Edi .S Eka djati, Asep Yusuf SH, Mamat Rahmat
Cet ke I-
Jakata Yayasan Obo Indonesia 1999
X+ 592 Hlm :
21 CM
-
KATALOG
INDUK NASKAH NUSANTARA
Jilid 4
Peyunting T.E
Behrend
-
KATALOG
INDUK NASIONAL NUSANTARA
Jilid I
Museum
Sonobudoyo Yogyakarta
Penyunting
T,E Behrend
-
Dafta
Naskah-Naskah Perpustakaan Nasional RI
A,AS,BR,CS,KBG,G,H,LBQ,M,ML,NB,SD,VT,W,ZPG.
5.
Penulisan
Bismilallahirohmanirohim
Tangled
funika ki tardi iki anggone tembang
suku
daka ceritane owleh ulama kintu
ambeberaken
ing ujar fitutur kang luhur.
Kang
lees lan dalil Quran lan amini amuji
ana
buahe maning lama kang murah ing dunia lan raga ingkang ahirat
kang
finuji tanfalat kang akeh ilmune iku
nabi
muhamad amfurane kang aweh iku jalur ceritane
saking
kitab daka asline den sampe ampuraha
selebihe
kang ambaca den weruh tegukun
ceritane
leluhur daka lamon anambang amuji
fuji
katuring bapa yen katuring feferane
mafan
ora ana rrufa lamon ora katuru tamfakane lamfahipun
afu
aja amujiya lamon ngayyeakaen fuji
maring
allah semata mafan dudu fefada
iki
allah kang amubah kang miyang ing kiro
den
wioh kawitane nipun kang anembang kang binafad
fujinana
kang duweni lan fuju fujine allah kula ora duduwe
lowleh
ora kawake miweh fanggonene niro
lawan
badane lakuju anging allah kang akaraya
fundi
kang arane amuji tegese fuji findo fan takruhan baca atine
kang
timbang kula tegese kamuahan
ya
urif tegesenipun fan urif urif bafa
lamon
urrif ing yang widi kelawan nyawa funika tegese nyawa samangko
kang
tumimbang ing kula ing aran kanugrahan tegese nyawa funiko
ya
uife menusa fundi tegese nghurrip
wong
enom anggawaruhana becik ing terimane
angel
jenenge agung saking uif iku kang titifan katelu
Iman tauhid lan
marifat.
Tenggang
iman lan tauhid kang iman gofeki ngetohaken pangeran
Ajumakud
ingkang lae loro kang amine tenane rong tetelu
Allah
ingkang tunggal fundi kang aran tauhid
Mafan
tunggal baca iya fengleburan ing loo loone
Ing
gusti lawan kula yen atunggal kaya apa
Yen
beda beda nifun ora tunggal ora apa
Selama
owra ngaweruhi tegese tauhid findo
Tunggal
lawan kelawan ne mafan kula nana rufa jenenge kula
Sejene
jatine owrrang tanfa felantara
Katuring
sambad lan fuji lan keturing deweke
Date
wajib wujud baca tine ingkang ana iya kang nembe amuji
1.
Alih Aksara
Bismilallahirohmanirohim
Tangled
funika ki tardi iki anggone tembang
suku
daka ceritane owleh ulama kintu
ambeberaken
ing ujar fitutur kang luhur.
Kang
lees lan dalil Quran lan amini amuji
ana
buahe maning lama kang murah ing dunia lan raga ingkang ahirat
kang
finuji tanfalat kang akeh ilmune iku
nabi
muhamad amfurane kang aweh iku jalur ceritane
saking
kitab daka asline den sampe ampuraha
selebihe
kang ambaca den weruh tegukun
ceritane
leluhur daka lamon anambang amuji
fuji
katuring bapa yen katuring feferane
mafan
ora ana rrufa lamon ora katuru tamfakane lamfahipun
afu
aja amujiya lamon ngayyeakaen fuji
maring
allah semata mafan dudu fefada
iki
allah kang amubah kang miyang ing kiro
den
wioh kawitane nipun kang anembang kang binafad
fujinana
kang duweni lan fuju fujine allah kula ora duduwe
lowleh
ora kawake miweh fanggonene niro
lawan
badane lakuju anging allah kang akaraya
fundi
kang arane amuji tegese fuji findo fan takruhan baca atine
kang
timbang kula tegese kamuahan
ya
urif tegesenipun fan urif urif bafa
lamon
urrif ing yang widi kelawan nyawa funika tegese nyawa samangko
kang
tumimbang ing kula ing aran kanugrahan tegese nyawa funiko
ya
uife menusa fundi tegese nghurrip
wong
enom anggawaruhana becik ing terimane
angel
jenenge agung saking uif iku kang titifan katelu
Iman tauhid lan
marifat.
Tenggang
iman lan tauhid kang iman gofeki ngetohaken pangeran
Ajumakud
ingkang lae loro kang amine tenane rong tetelu
Allah
ingkang tunggal fundi kang aran tauhid
Mafan
tunggal baca iya fengleburan ing loo loone
Ing
gusti lawan kula yen atunggal kaya apa
Yen
beda beda nifun ora tunggal ora apa
Selama
owra ngaweruhi tegese tauhid findo
Tunggal
lawan kelawan ne mafan kula nana rufa jenenge kula
Sejene
jatine owrrang tanfa felantara
Katuring
sambad lan fuji lan keturing deweke
Date
wajib wujud baca tine ingkang ana iya kang nembe amuji
Dening kang maha suci kula jeneng naïf
Licerman ferlanifun karohinan
Kalnang langgengf rawi lintang ilang kasrawat
Dening surya wong kang tumeka ing shiolat
Tunggal qosdu tarud tasin iya allah kang luwih ampun
Anggawaruhana ing budi lawan ati kang wening
Tegesde mengko funiko pan arep ngawruhana
Qosdu loro ta’yin fertanan ne lafad allah
Khuruf alif nerangna wiwitan alif funika
Mafan khakekete niyat
Lam alif lauro ahir nerangna niyat kang linggih
Niyat iku tiba nibg hu allah jumeneng dzate
tiba ningf niyat lelakone
tiba ningf niyat lelakone
Lafadz akkbar iku lebure ning niyat
Jenenge niyatanana fing lemburan ferkaraee
Tatananana kunti kula yen tegese kula ganti
Mafan derteng utami firyen lelamfah kula
Roro dadi satunggal tunggal dadi kekal
Noro naïf kulalawan Bandar
Ing fengawal ing kaula ferang ing sanghiyang widi
2.
Terjemah
Ada yang bertanya ki tardi namanya
Ini tempatnya (kumpulan) nyanyian
Lunggug DAKA Ceritane
Oleh ulama yang terkenal
Yang menerangkan pitutur yang luhur
Di ambil dari al_quran
‘banyak orang yangf memuji
Dari berbagai ulama yang mengajarkan
Dunia dan ahirat
Yang dinamakan alam itu
Yang di bawa nabi muhamad pertolongannya
Itu yang mengwali adanya cerita
Dari daka asalnya
Cerintanya lungguh daka
Menerangkan nyanyian dan pujian
Puji kepada orang tua
Pastinya kepada tuhanya
Berdiri tanpa rupa tak terlihat rupanya dan perbutanya
Jangan memuji allah kalau tidak bisa memuji
Kaya bukan tandinganya allah lebih kaya
Segala puji siapa yang punya
Segala puji hanya milik allah
Saya tidak mempunyai segala puji
Seandainya hidup karna sanghiyang widi dan nyawanya
Sejatinya iyu kosong
Orang muda perlu di ketahui
Sesungguhnya hidup itu mempunyai tiga titipan
Iman tauhid dan marifat
Sesungguhnya iman dan tauhid
Itu mempercayai pangeranya (Tuhan)
Allah itu maha esa itu inti tauhid
Bintang hilang karna sinar surya
Sama dengan orang yang tumbang dalam sholat
Tunggal di sengaja karna keyakinan
Ketahuilah luhurnya budi pekerti
Perhstiksn peranya p[ohon lafadz ALLAH
Keteranganya pohon pada huruf alif
mantep terhadap niat
mantep terhadap niat
Hurup lam tidak ada awal dan ahir
Huruf Ha niat itu sangat tinggi karna karana berdiam
dalam dzat
3.
Klasifikasi
Hadis
Daka secara singkat bahwa di dalam nya mengandung sebuah Hikayat (Cerita ) yang
bisa di buat Tembangan yang di sampaikan oleh Ki Tardi menerangkan pesan
wejangan tentang ketauhidan kepada pangeran ( Allah) berasal dari para Ulama
kintu ( Masyhur).
Di
dalam nya tak sedikit bahkan banyak
perumpamaan dan amaliah ketauhidan sesuai kehidupan seharri-hari dan
lain-lain.namun pada intinya mnuskrip yang berjudul Hadist Daka ini secara
global mengandung ilmu iman Tauhid dan Marrifat
Namun pada kolom klasifikasi ini penulis mengambil
hanya beberapa paragraph dari sekian banyak halaman dari manuskrip iniyang
berkenaan dengan mana lafadz ALLAH.
‘’Qosdu
loro ta’yin feranan ne lafad allah
Khuruf alif
nerangna wiwitan alif funika
Mafan
khakekete niyat
Lam alif
lauro ahir nerangna niyat kang linggih
Niyat iku
tiba nibg hu allah jumeneng dzate
tiba ningf niyat lelakone ‘’
tiba ningf niyat lelakone ‘’
Tulisan di atas merupakan alih bahasa asli dari
manuskrip kuno tersebut terkait peranan dan konsepsi terhadap lafadz ALLAH.
Yang bisa kita ambil inti poinyasebagai berikut
-
Huruf ‘’Alif ‘’ memp[unyai ma’na Mantapnya Niat
-
Huruf ‘’Lam’’ Mempunyai arti allah tidak ada
awal dan ahir
-
Huruf ‘’Ha’’ Gabungan dari ma’na alif dan lam
yani berdiam dalam Dzaat.
Bisa di ambil kesimpulan dari klasifikasi di atas yang
bersumber dari manuskrip yang berjudul Haist Daka secara keseluruhan
menerangkan tentang Tauhid salah satunya tentang Pohon mana lafadz ALLAH .
Lafdz Allah bahwasanya mempunyai arti dari huruf Alif Lam dan Ha’ yaitu memantapkan Niat (
Meyakinkan) bahwasanya allah itu tidak ada awal dan sifat itu sesengguhya ada
pada dzatnya.
4.
Kontekstualisasi
Kontekstualisasi peradaban di zaman sekarang di mana
ada relasinya dengan lafadz Allah yang mengandung nilai seni dan budaya di
hasilkan dari akulturasi budaya maka saya mengambil materi tentang Kubah(
Memolo) yang di pasang di atas masjid orang islam melalui kacamata teori
Simiontika.
Kata
“semiotika” berasal dari bahasa Yunani “semeion”
yang berarti “tanda”, atau “seme”
yang berarti “penafsiran tanda” (Alex Sobur, 2004:17). Awal mula munculnya
semiotika yang berakar pada studi klasik dan skolastik atas seni, logika dan
poetika, tanda pada masa itu masih bersifat sesuatu yang menunjukan pada adanya
hal yang lain. Contoh: Ada asap menandai adanya api.
Menurut kamus besar Bahasa Indonesia(KBBI)
Kubahmempunyai arti lengkung (atap); atap yg melengkung merupakan setengah bulatan
(kupel): -- masjid. Jadi dapat di tarik
kesimpulan kubah berarti benda berbentuk lengkung yang berada di atap.
Kubah (Memolo) jika di
pandang melalui teori simiontik bahwasanya kubah merupakan syimbol bagi umat
islam yang meyakini tuhan yang maha esa yaitu Allah, syimbol ini di pakai umat
islam dengan memasang di tempat ibadahnya yang di sebut Masjid, ada lafadz
allah berarti ada umat islam ( Ada asap berarti ada api)
Menurut
sejarah Kubah Masjid itu termasuk "Islam
Peradaban". Itu adalah salah satu hasil akulturasi masyarakat Muslim
(dengan nilai-nilai Islam yang mereka anut) dengan budaya lain. Pada masa Rasulullah saw. kubah belum dikenal. Mesjid-mesjid dibangun
tanpa kubah. Tradisi penggunaan Bangunan
Kubah Masjid baru dikenal setelah masa Umar bin Khattab ra. yang membangun qubbat ash-shakhrah (Kubah Batu) di Palestina. Budaya membangun Kubah Masjid kemudian menemukan
momentum untuk berkembang dan meluas ke seluruh belahan dunia Islam ketika Turki Usmani berkuasa dan menjadi
imperium besar.;
Mithos Kubah
Masjid Kesepuhan Cirebon
Masjid Agung Sang Cipta Rasa terletak di
sebelah utara Keraton Kasepuhan. Masjid ini terdiri dari dua ruangan, yaitu
beranda dan ruangan utama. Untuk menuju ruangan utama, terdapat sembilan pintu,
yang melambangkan Wali Songo. Masyarakat Cirebon tempo dulu terdiri dari
berbagai etnik. Hal ini dapat dilihat pada arsitektur Masjid Agung Sang Cipta
Rasa yang memadukan gaya Demak, Majapahit, dan Cirebon.
Kekhasan masjid ini terletak pada atapnya yang
tidak memiliki memolo berupa kubah, sebagaimana yang lazim ditemui pada atap
masjid-masjid di Pulau Jawa. Konon, dahulunya masjid ini berkubah. Namun, saat
azan pitu (tujuh) shalat Subuh digelar untuk mengusir Aji Menjangan Wulung,
kubah tersebut pindah ke Masjid Agung Banten yang sampai sekarang masih
memiliki dua kubah. Karena cerita tersebut, sampai sekarang setiap shalat Jumat
di Masjid Agung Sang Cipta Rasa digelar Azan Pitu. Yakni, azan yang dilakukan
secara bersamaan oleh tujuh orang muazin berseragam serba putih.
Pada bagian mihrab masjid, terdapat ukiran
berbentuk bunga teratai yang dibuat oleh Sunan Kalijaga. Selain itu, di bagian
mihrab juga terdapat tiga buah ubin bertanda khusus yang melambangkan tiga
ajaran pokok agama, yaitu Iman, Islam, dan Ihsan. Konon, ubin tersebut dipasang
oleh Sunan Gunung Jati, Sunan Bonang, dan Sunan Kalijaga pada awal berdirinya
masjid.
Di beranda samping kanan (utara) masjid,
terdapat sumur zam-zam atau Banyu Cis Sang Cipta Rasa yang ramai dikunjungi
orang, terutama pada bulan Ramadhan. Selain diyakini berkhasiat untuk mengobati
berbagai penyakit, sumur yang terdiri dari dua kolam ini juga dapat digunakan
untuk menguji kejujuran seseorang.
5.
Tambahan
6. Bentuk
Fisik Naskah
-
Asli manuskrip yang ada
di PNRI sampul nya Berwarna Coklat kekayuan.
-
Menggunakan Kertas
Eropa
-
Kertas Tipis
-
Tulisan Tembus atas dan
bawah
-
Wattermax berbentuk
Garis Rata-rata Tujuh garis di setiap lembar nya.
-
Wattermax titik=titik
tidak ada
7. Identitas
Naskah
-
Nomer Punggung W 307
-
Bahasa Jawa
-
Bertulisan Pegon
-
34 Halaman
0 komentar:
Posting Komentar